tujuh makanan yang sehat untuk tulang


semakin bertambah usia , maka tubuh kita akan lebih membutuhkan nutrisi. terutama tulang. tulang kita adalah bagian yang sangat membutuhkan nutrisi. berikut ini ada  tujuh makanan yang penting untuk tulang.

Susu

Kalsium adalah nutrisi utama yang paling dibutuhkan oleh tulang. Orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun rata-rata membutuhkan 1000 mg kalsium per hari, sedangkan 50 tahun ke bawah membutuhkan 1200 mg kalsium per harinya (sumber WebMD). Dan tentu saja seperti kebanyakan orang tahu, susu adalah sumber kalsium utama yang wajib hadir setiap hari di dalam menu sehari-hari kita. Setiap 35 gram susu, mengandung kurang lebih 510 mg kalsium (baik skim maupun low-fat). Tinggal sesuaikan saja kebutuhan susu Anda, pilih skim atau low-fat?

Yogurt dan Keju

Produk susu lain yang tak kalah hebatnya adalah yogurt dan keju. Kalsium yang dikandung yogurt dan keju cukup tinggi lho. Dalam 245 gram yogurt hampir 50 persennya adalah kalsium, sedangkan 40 gram keju dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian. Sangat disarankan untuk mengonsumsi 40 gram keju atau 200 gram yogurt setiap hari untuk mencukupi kebutuhan kalsium tubuh.

Ikan Lemuru

Tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya ikan sarden kalengan yang biasa kita makan sehari-hari sebenarnya adalah ikan lemuru, nama lengkapnya Sardinella lemuru. Kandungan kalsium di dalam ikan lemuru tak dapat diremehkan, ikan kecil yang lezat ini membantu tulang mendapatkan asupan nutrisinya. Tiga ekor ikan lemuru sebanding dengan segelas susu, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

Pak Choy

Pak choy adalah semacam sawi yang rasanya sangat lezat. Dalam keseharian kita biasa menyebutnya sebagai ‘sawi daging’ karena tangkai daunnya sangat tebal dan lezat untuk dimakan. Berbeda dengan sawi lainnya, semua bagian pak choy ini bisa dinikmati dan tidak pahit. Hadirkan pak choy sebagai sayuran wajib di meja hidangan Anda dan nikmati manfaat kalsium yang dikandungnya.

Produk Kedelai (tahu dan tempe)

Tahu dan tempe adalah makanan sederhana yang dinikmati semua orang. Dibuat dari bahan dasar kedelai, tahu dan tempe menyajikan rasa yang sangat nikmat dan sedap. Dalam 100 gram kedelai, 28 persennya atau 277 mg-nya adalah kalsium. Inilah yang menjadikan alasan kuat bagi Anda bahwa tahu dan tempe layak untuk selalu hadir dalam menu harian Anda.

Ikan Salmon

Ikan Salmon itu sehat untuk kulit, dengan kandungan omega 3-nya yang sangat tinggi, ikan salmon menjadi ikan yang paling dicintai oleh banyak wanita. Bonusnya adalah, ikan salmon juga kaya akan kalsium yang akan membantu Anda para wanita terjauhkan dari incaran osteoporosis. Cantik tulang, cantik pula kulit Anda bukan?

Kacang dan biji-bijian

Kacang seperti almond, walnuts, pistachio dan biji-bijian seperti biji rami, kuaci bunga matahari adalah paket lengkap yang kaya akan kalsium. Protein, omega 3, potasium dan aneka nutrisi lainnya pantas untuk membuat mereka masuk dalam daftar belanja snack Anda.

jangan lupa untuk menyediakan makanan – makanan diatas..

jagalah kesahatan tulangmu

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s