integrasi metabolisme


INTERASI METABOLISME

Metabolisme adalah keseluruhan trnsformasi kimia yang berlangsung didalam sel makhluk hidup yang melibatkan rangkaian kerja enzim  yang membentuk lintasan metabolisme(pathway metabolism) yang terdiri dari reaksi penyusunan/biosintesis (anabolisme) dan reaksi penguraian / degradasi (katabolisme).

Integrasi metabolisme sangat penting di kedua jangka pendek dan jangka panjang basa. Mungkin yang paling penting jangka pendek adalah pemeliharaan elemen yang stabil tingkat glukosa darah.  olahraga dapat dengan cepat menurunkan kadar gula darah. Pemeliharaan kadar glukosa darah lebih dari 2,5-3 mmol / l sangat penting untuk fungsi otak. Orang mungkin mengharapkan Karena itu, alam telah dilengkapi kami dengan cadangan glukosa yang cukup besar. Anehnya, jumlah total glukosa dalam darah dan hati yang begitu kecil yang dapat habis dalam beberapa menit. hasil yang sama, penurunan cepat kadar glukosa darah dan selanjutnya kehilangan kesadaran, administrasi berikut dosis besar insulin (insulin-shock therapy). Dinyatakan lebih jelas itu, keseimbangan metabolisme tubuh dapat dengan cepat akan terganggu melalui kegiatan atau hormon yang berlebihan penyakit gila. Namun, hal ini tidak biasanya terjadi. Fisiologis menyesuaikan proses metabolisme karbohidrat dan lemak sehingga nilai-nilai glukosa darah tidak jatuh tajam. Jika kita memiliki kekurangan gula, metabolisme lemak mengambil alih. Integrasi metabolisme metabolisme melindungi kita terhadap bencana!

Energi stores in man
Tissue fuel Menyediakan bahan bakar untuk
Cadangan,gram kelaparan berjalan maraton
Gemuk/fat 9000-15000 34hari 11hari 3hari
Glikogen otot 350 14jam 5jam 70menit
Glikogen hati 80 3,5jam 70menit 18menit
Darah,ekstraseluler glukosa 20 40menit 15menit 4menit
Body protein 6000 15hari 5hari 1,3hari

Integrasi metabolisme penting pada jangka panjang juga. Darah gula, glukosa, bukanlah sebuah “inert dan lembut” komponen diet kita. Glukosa adalah racun! Kronis tinggi kadar glukosa darah menyebabkan protein denaturing dan pengembangan kebutaan , neuropati dan kerusakan ginjal dilihat pada diabetes. kadar gula darah tinggi menyebabkan peningkatan sirkulasi trigliserida dan bertanggung jawab untuk pengembangan penyakit kardiovaskular. Sekali lagi, integrasi metabolisme dan kontrol oleh hormon-hormon dan metabolit, biasanya mencegah efek samping ini gula..

Terdapat beberapa common key dalam perantara metabolisme

1. Glukosa 6-fosfat

2. Piruvat

3. Asetil KoA

ORGAN DAN METABOLISME

Jalur-jalur dan reaksi yang secara bersama membentuk metabolisme tidak terjadi dalam isolasi. Masing-masing dari jalur ini saling berkaitan dan saling bergantung pada jalur-jalur lain. Demikian pula, setiap organ memiliki hubungan metabolisme dengan seluruh tubuh, meskipun masing-masing memiliki peran dalam metabolisme keseluruhan bahan bakar biologis.
1. otak

Glukosa adalah bahan bakar utama bagi otak. Hanya di bawah kelaparan berkepanjangan apakah otak menggunakan badan keton sebagai bahan bakar. Otak tidak memiliki kapasitas untuk menyimpan bahan bakar dan kebutuhan yang terus-menerus terhadap pasokan glukosa.

otak mengkonsumsi banyak energi untuk menjaga potensi elektrostatik diperlukan untuk transmisi impuls saraf  . Otak rata-rata mengkonsumsi 120 g glukosa sehari. 70% dari energi yang digunakan untuk mempertahankan  Na da K pada potensial membran. Otak juga mensintesis neurotransmiter dan reseptor.  Glukosa diangkut ke otak oleh GLUT3 glukosa transporter. Konsentrasi glukosa darah dipertahankan sekitar 5 mM. Dengan demikian otak memiliki suplai yang stabil  terhadap glukosa berkelanjutan. konsentrasi glukosa dalam jaringan otak sekitar 1 mM.

Jika konsentrasi glukosa darah turun di bawah 2,2 mM yang sekitar Km dari GLUT3

transporter, otak  mendapat masalah. Jika konsentrasi glukosa darah tetap di bawah 2,2 mM, otak

menjadi tidak berfungsi menyebabkan koma dan kematian otak. Asam lemak tidak dapat menjadi bahan bakar otak karena mereka tidak dapat melintasi penghalang darah otak. Dalam keadaan starvation / puasa maka badan ketonlah yang menjadi bahan bakar otak.

2. otot

Otot adalah konsumen energi besar. Ia menggunakan glukosa dari pasokan sendiri disimpan  dalam bentuk glikogen dan bahan bakar lain yang diberikan kepada dari jaringan lain.

Ini termasuk:

Glikolisis adalah pilihan jalur produksi ATP dengan cepat berkedut (putih) serat otot laktat Hal ini mengakibatkan produksi; yang laktat kemudian digunakan oleh jaringan lain, misalnya lambat kedutan otot, otak dan otot jantung, atau diangkut ke hati di mana ia dikonversikan untuk glukosa untuk dipasok di otot.

3.OTOT JANTUNG (HEART MUSCLE)

Otot jantung hampir tidak memiliki cadangan glikogen. Asam lemak adalah bahan bakar pilihan untuk otot jantung; badan keton dapat juga menjadi bahan bakar untuk jaringan jantung. Jantung akan menggunakan badan keton atas glukosa sebagai sumber bahan bakar. Laktat dapat juga berfungsi sebagai bahan bakar untuk jantung.

4. jaringan adiposa

Jaringan adiposa didistribusikan secara luas ke seluruh tubuh dengan rata-rata 70 kg manusia memiliki sekitar 15 kg jaringan lemakMassa jaringan adiposa berisi sekitar 600.000 kilojoule energi dan cukup untuk mempertahankan hidup sampai tiga bulan tanpa asupan makanan.
jaringan adiposa menyimpan asam lemak dari makanan atau disintesis di dalam hati sebagai trigliserida.

5.GINJAL (KIDNEY)

Peran utama ginjal adalah untuk menghasilkan urin yang merupakan kendaraan untuk pembuangan limbah tubuh. Selama kelaparan ginjal menjadi situs penting glukoneogenesis dan dapat menghasilkan hingga setengah dari glukosa darah.

6. HATI (LIVER)

Peran utama ginjal adalah untuk menghasilkan urin yang merupakan kendaraan untuk pembuangan limbah tubuh. Selama kelaparan ginjal menjadi situs penting glukoneogenesis dan dapat menghasilkan hingga setengah dari glukosa darah.  The Liver 6.) The Liver

Hati adalah pusat metabolisme. Hati mempertahankan tingkat glukosa darah dan mengatur

konsentrasi metabolit dalam darah. Hati menyimpan pasokan glukosa sebagai glikogen. Hati

mensintesis asam lemak, kolesterol dan garam empedu Bila konsentrasi glukosa darah tinggi, asam lemak disintesis oleh hati, diubah menjadi triacylglycerols dan dikemas kepadatan sangat rendah yaitu lipoprotein yang disekresikan ke dalam darah. Selama puasa hati menggunakan badan keton sebagai bahan bakar otot jantung dan melestarikan glukosa untuk otak. Hati memiliki banyak perbedaan enzimatik  dibandingkan dengan jaringan lain.

  • Hati menggunakan glukokinase bukan heksokinase.

Aktivitas glukokinase meningkat pesat sebagai akibat konsentrasi glukosa darah naik.

  • Hanya hati dan ginjal yang mengandung Glukosa 6-fosfatase, karena hanya mempertahankan jaringan ini pada tingkat glukosa darah.
  • Hati tidak mengandung KoA transferase yang dibutuhkan untuk menggunakan badan keton sebagai bahan bakar.Jadi hati menghasilkan keton tubuh tetapi tidak dapat memanfaatkan mereka sehingga mereka diekspor keluar ke aliran darah.
  • Hanya hati dan ginjal mengandung CPSI dan enzim siklus urea. Sebagian besar asam amino dikatabolisis di dalam hati. Alasannya adalah bahwa hanya hati (dan ginjal) yang dapat mengkonversi amonia yang dihasilkan oleh katabolisme asam amino menjadi urea.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s